Latest News

Cara Membuat Ekosistem Hutan - Part 3

Cara Membuat Ekosistem Atau Titarium - Sahabat kali ini kita akan membahas cara membuat miniatur titarium atau miniatur ekosistem. Ya membuat miniatur ekosistem atau titarium tujuannya yaitu untuk membuat hiasan di dalam rumah biar terlihat lebih segar kalau berada di dalam rumah. Kalau menurut saya selain membuat nyaman bisa membuat tenang kalau melihat ekosistem yang satu ini bila berada di dalam rumah.

Ok pribadi saja bagaimanakah cara membuat miniatur ekosistem , tetapi juga membutuhkan ketlatenan dalam merawatnya. Karena bila membuat tanpa ada perawatan maka tumbuhan yang kau gunakan untuk miniatur ekosistem akan mati. Jadi , harus rajin merawatnya ya biar terlihat sejuk kalau di pandang.

Cara Membuat  Ekosistem Hutan
Cara Membuat Ekosistem Hutan
Nah bagi anda yang berminat untuk membuat miniatur titarium ini , pribadi saja siapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan dan lakukan langkah-langkah berikut ini:

Cara Membuat Ekosistem Hutan

1. Carilah tanaman yang ingin di gunakan merupakan tanaman yang tetap kecil meskipun tumbuh banyak. Akan lebih bagus bila kau memilih tanaman yang cocok untuk keadaan lembab. Kamu mampu menggunakan tumbuhan pakisan atau rumput/lumut dan sebagainya.
2. Sediakan wadah untuk daerah ekosistem. Kamu mampu menggunakan toples beling atau akuarium , yang terpenting wadah tersebut mampu di buka dan di tutup. Tetapi wadah yang yang saya anjurkan yaitu mangkuk beling atau toples beling yang berukuran besar.
3. Sediakan bahan-bahannya
  • Tanah gembur ,
  • Pupuk tanaman
  • Bibit lumut atau tanaman lumut
  • Penghiasa (kerang , kerikil , patung-patungan , dll)

4. Jika semua materi dan alat sudah tersedia , sekarang kita mulai untuk membuat/meracik ekosistem
5. Langkah awal silahkan basuh bersih wadah toples yang sudah kau siapkan. Pastikan bersih dari basil , kau mampu menggunakan sabun diterjen.
6. Letakkan kerikil kerikil secukupnya.
7. Taruh bibit lumut atau tumbuhan lumut berada di atas kerikil yang sudah kau masukkan tadi.
8. Beri tanah gembur berada di atas bibit lumut secara merata.
9. Berikan tanaman hias yang sudah kau siapkan tadi , siilahkan di tata sebagus mungkin sesuai seni yang kau inginkan.
10. Tambahkan hiasan lain menyerupai patung , kerang dll.
11. Beri sedikit air pada tumbuhan ekosistem

Cara Menjaga Ekosistem: Jagalah tanaman biar tetap berair dan terlihat rupawan alasannya yaitu berwarna-warni. Jangan meletakkan terarium di sudut gelap; pilihlah daerah dengan banyak cahaya tidak langsung biar lebih terlihat menarik.

Demikianlah cara membuat miniatur ekosistem yang mampu kau coba dirumah , semoga dapat membantu. Trimakasih atas kunjungan di kami semoga bermanfaat yaa.

0 Response to "Cara Membuat Ekosistem Hutan - Part 3"