Latest News

CARA PEMBUATAN TEMPE TERBAIK

Tempe menjadi makanan yang masih eksis hingga dikala ini sebagai pengganti lauk pauk menemani makan orang indonesia. Dengan materi dasar yang sederhana yaitu Kedelai tapi jangan salah tempe masih makanan yang favorite hingga dikala ini dengan banyak sekali penyajian yang semakin banyak.
pada Jaman dulu tempe ini hanya di makanan yang mampu di jadikan lauk saja tanpa mereka ketahui ternyata didalamnya mengandung banyak protein yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk mereka yang mengkonsumsi teladan makan vegetarian ,tempe juga mampu menjadi lauk pengganti. Hampir semua peloksok negri ini tersedia bermacam-macam tempe. 
pada dasarnya membuat tempe bahu-membahu tidaklah sulit. bagi anda yang berminat , dibawah ini ada cara cara menbuat tempe. Berikut ini ialah beberapa langkah membuat tempe dengan cara yang simpel dan praktis :

Cara Pembuatan Tempe :
Bahan-bahan yang digunakan /diperlukan untuk pembuatan tempe yaitu :
  • Kacang kedelai 2kg
  • Ragi tempe 1 sdm
  • Tepung Sagu/Tapioka 1 sdm
Langkah langkah pembuatan/pengolahan tempe :

Langkah pertama: siapkan air dipanci kemudian rebus , kalau sudah mendidih diangkat kemudian masukan Kacang Kedelai pada air yang mendidih tersebut. Diamkan hingga air menjadi hangat dan bersihkan kacang tersebut dengan membuang kulitnya hingga benar-benar bersih. kacang kedelai direbus kembali kedalam air mendidih hingga mengeluarkan buih/empuk.

Langkah Kedua: Buang air rebusan tadi hingga kering ,setelah itu masukan kacang kedelai kewadah yang datar yang bawahnya dialasi kain/handuk kecil , biar tempe capat kering meresap. kemudian setelah kacang kedelai kering , tempe dipindahkan ke wadah yang cekung/bowl. Lalu Masukan Ragi tempe dan tepung sagu sambil di aduk aduk dan tercampur rata. Masukan tempe kedalam Plastik dan rapatkan ujung plastiknya.
Langkah Ketiga: Kemudian Tusuk tusuk Plastik diujung pisau sebanyak 8 bacokan dan di baliknya 8 bacokan ,untuk menerima udara. kalau semua tanggapan ,masukan tempe ke dalam kotak atau kawasan yang hangat ,lalu tutup dengan kain/handuk kecil. Perlu diingat , tunggu hingga kurang lebih 36 jam dan jangan di buka dulu.
Untuk memperoleh ragi tempe , kita dapat membeli di penjual kacang kedelai. Ragi yang dibuat untuk tempe berbeda dengan ragi roti atau ragi tape.
Cara diatas ialah langkah sederhana dan praktis dalam pembuatan tempe. Semoga isu tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "CARA PEMBUATAN TEMPE TERBAIK"