Latest News

10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha

Jika impian anda untuk berwirausaha sudah tidak tertahankan lagi , SABAR dulu. anda harus cermat dan akurat memulai usaha. Jangan hingga nafsu besar eh ternyata persiapan kurang matang , akibatnya anda yang kelabakan. Nah , berikut ini ada 10 tips untuk memulai atau membuka usaha.
  • Siapkan Mental Jasi Pengusaha
Anda harus mengetahui ciri seorang pengusaha. Asal tahu aja , Pengusaha berbeda dengan karyawan. kalau karyawan biasanya cenderung segera menghabiskan gaji bulanannya , pengusaha tidak! Seorang pengusaha akan menginvestasikan kembali sebagian penghasilan yang diperolehnya untuk menerima penghasilan yang lebih besar lagi. Maka kalau ingin memulai perjuangan terapkanlah mental pengusaha bukan karyawan.

  • Visi dan Misi Jelas
Anda harus mengetahui visi dan misi dalam berbisnis. Visi dan misi itu menjadi panduan anda untuk melangkah. Seringkali suatu perjuangan ketika akan mulai berkembang mengalami kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan urusan ekonomi awal tetapi terlalu banyak mencoba berbagi urusan ekonomi perjuangan lain. Anda tabah aja , fokuskan pada satu urusan ekonomi dulu , gres kemudian kalau anda sukses silahkan mau jungkir balik urusan ekonomi apa saja ok.
  • Bisnis itu Gampang
Sebagai calon pengusaha anda harus berfikir strategis dan " simpel". Bicara soal urusan ekonomi , sederhana saja. Sebagai teladan anda berbisnis minuman mineral. anda tinggal membeli sebotol minuman mineral seharga Rp. 1.000 dan menjualnya kembali dengan harga Rp. 1.500 sehingga diperoleh keuntungan Rp. 500 dan jangan hingga menjual dengan harga yang lebih rendah karena akan RUGI. Ya , dengan menjual sebotol minuman mineral dan memperolehkeuntungan Rp. 500 anda sudah menjadi pebisnis. tinggal dikalikan dan ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Intinya sederhana , target anda yakni memperoleh laba , niscaya urusan ekonomi anda akan makin moncer.
  • Jangan Takut Permodalan
Modal acapkali dikeluhkan oleh para calon pengusaha. mereka gusar karena kesulitan modal. Anda tentu tak perlu risau. Modal berkaitan erat dengan seberapa besar perjuangan yang akan anda jalankan. Dengan modal sekitar 2-10 jutaa yang dapat anda rogoh dari tabungan sendiri pun anda sudah mampu "Lenggang Kangkung" jadi pengusaha. Makara jangan takut kesulitan modal , demodal cekak pun anda masih dapat membuka usaha.
Jika anda masih kesulitan , anda mampu menggandeng saudara atau bahkan kawan. selain lebih mudah dalam menjalankan perjuangan , anda tidak disibukan dengan banyak sekali tagihan layaknya berhutang ke bank. akan tetapi kalau anda bertekad untuk membuka perjuangan yang lebih besar , meminjam ke bank bukan hal yang tabu. anda tinggal mengatur perjuangan anda lebih pesat lagi , tentu laba yang bakal dikeruk juga semakin "aduhai". Makara , anda masih mampu eksis mebayar kredit bank.
  • Tempat Strategis
Urursan daerah memang agak ribet , sempurna kalau anda sudah mengeathui kuncinya , ditanggung beres. kuncinya yakni carilah daerah yang strategis. strategis mampu jadi daerah yang ramai , akrab dengan aktifitas orang banyak , atau akrab dengan sekolah , kantor , dan kampus. tapi urusan acapkali mengecoh lho , makanya harus hati-hati. alasannya yakni ada juga daerah yang berada di lokasi yang tidak ramai dan strategis , eh ternyata bejubel pengunjungnya. lalu kuncinya apa toh? Tentu saja , kalau itu rumah makan , pelayanan dan makanan yang menggugah selera pastilah kuncinya. intinya kalau anda sangat kesulitan menentukan daerah lokasi perjuangan , jangan gusar alasannya yakni anda toh mampu menjual keunggulan lain yang anda miliki.
  •  Siap Buka Usaha
Ok , anda sudah siap dengan modal dan lahan perjuangan , langkah berikutnya yakni siap membuka usaha. kalau anda pemula dan benar-benar masih "hijau" tidak perlu berkecil hati. anda harus tetap optimis , atau kalau anda mampu gandenglah mentor yang mampu membimbing anda selama masa-masa awal buka usaha.
  • Manajemen Resiko
Anda harus ingat semenjak awal semua perjuangan berkait erat dengan resiko. semakin perjuangan anda moncer dan anda dikenal luas , nama anda dipertaruhkan , ibaratnya semakin tinggi pohon tentunya semakin kencang angin menerpanya.
  • Cerdas Menyikapi Kegagalan
dalam menyikapi kegagalan menurut Fuad Muftie , seorang enterpreneur harus egera sadar dan bergerak cepat. alasannya yakni banyak pengusaha yang setelah sadar ternyata bisnisnya dalan ditempat , atau malah colaps.  Ada beberapa kemungkinan diantaranya :
  1. Tidak memisahkan antara keuangan langsung dengan keuangan perusahaan
  2. Tidak adan sistem Baku
  3. Sistem perekrutan karyawan yang baik.
  • Cerdas Memperlakukan Laba
 Ok , Bisnis anda sudah mengeruk laba yang menggiurkan , anda pastinya bersemangat. Nah , laba yang sudah digenggam harus anda perlakukan secara bijak. jangan asal gelontorkan uang jutaan rupiah hanya untuk keperluan yang tidak perlu dan penting.
  • Asah Kreatifitas dan Kejelian
Jika urusan ekonomi anda laris manis itulah buah dari hasil kerja keras anda selama ini. jangan pernah merasa puas dulu dengan hasil yang didapat. para kompetitor sudah banyak bertebaran. kita lengah sedikit mampu saja urusan ekonomi yang sudah dibangun mengalami kemacetan. rajin-rajinlah melaksanakan manuver yang berilian. dan yang Paling penting juga jangan lupa bersyukur dan bertawakal.

Demikian Semoga bermanfaat

0 Response to "10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha"